Puluhan Tahun Balai Balai Desa Ini Kuno Sekali

Administrator 25 Mei 2016 14:42:05 WIB

Bendung (SID) - Tak seperti balai desa lain di Gunungkidul, Balai Desa Bendung, Kecamatan Semin di zaman modern ini masih tampak kuno sekali. Meski telah berdiri lebih dari 50 tahun, namun bangunan tua hingga kini masih kokoh berdiri.

Diakui oleh salah seorang perangkat desa setempat, Sumarno (59) bahwa kondisi bangunan joglo limasan tersebut terbilang paling kuno se-Kecamatan Semin, dan bahkan bisa jadi se-Gunungkidul.

"Memang sudah lama dan kuno sekali. Saya jadi pamong tahun 1987 saja, bangunan itu sudah ada. Itu dibangun tahun berapa, saya tidak tahu pastinya. Tapi yang jelas tukang-tukang penggarapnya sekarang sudah pada meninggal," ucap Sumarno yang juga merangkap Pj. Dukuh Garotan, Selasa (24/05/2016).

Pada era kades Didik Rubiyanto ini, lanjutnya, balai desa tersebut rencananya bakal direnovasi menelan biaya ratusan juta rupiah. Salah satu alasannya, pemerintah desa memandang bahwa model dan kondisi balai desa sudah tidak lazim dan dirasa ketinggalan zaman.

"Rencana itu sudah pasti, sebentar lagi akan disosialisasikan kepada masyarakat di 9 padukuhan terkait dengan dana swadayanya," tutur Sumarno.

Menyoal dana renovasi balai desa itu, jelas dia, rencananya akan menarik iuran dari berbagai elemen masyarakat secara berkala. (NN)

 

Sumber Berita: sorotgunungkidul.com 24/5/2016

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung